Jumat, 26 September 2008

Keluhan Umum Saat Kehamilan

*Mual dan muntah
biasanya terjadi pada awal kehamilan. Karena sering terjadi pada pagi hari, kondisi ini disebut “morning sickness”. Muntah yang berlebihan dapat menyebabkan kekurangan gizi maupun dehidrasi Untuk mengatasinya, makanlah sesering mungkin dalam porsi yang sedikit, hindarilah makanan yang membuat mual, dan minumlah sebanyak-banyaknya. Bila bertambah parah, mintalah obat dari dokter pribadi anda. Perut kosong sering memperburuk mual dan muntah. Berikut beberapa tip untuk mengatasi kondisi ini :
· Bangunlah perlahan-lahan, kemudian duduk di tepi tempat tidur selama beberapa menit.
· Makanlah roti bakar atau kreker sebagai sarapan.
· Jangan sampai perut kosong sama sekali; makanlah sedikitnya 5 - 6 kali sehari.
· Hindari bau yang tidak enak.
· Jangan meminum jus jeruk, susu, kopi atau teh pada saat merasa mual.


*kaki dan mata kaki bengkak
Pembengkakan yang terjadi selama masa kehamilan adalah sesuatu yang normal. Hal ini biasa terjadi pada bagian mata kaki dan kaki, dan akan menjadi lebih buruk dalam cuaca panas.
Meskipun tidak ada cara khusus untuk mencegah terjadinya pembengkakan, mengangkat kaki pada malam hari dapat mengurangi pembengkakan keesokan harinya. Berkonsultasilah dengan dokter anda apabila pembengkakan terus terjadi dan merambat menuju tangan dan wajah anda.

*perut terasa panas
Rasa panas dalam perut timbul akibat lambung tertekan oleh rahim yang membesar, sehingga asam lambung berbalik mengalir masuk ke esofagus. Kondisi ini semakin parah pada akhir kehamilan, karena hormon yang menyebabkan adanya relaksasi otot esofagial.
Gejala ini dapat diperingan dengan sesering mungkin makan dalam porsi sedikit dan posisi tubuh tetap tegak sesudah makan. Cobalah hal-hal berikut ini untuk memperingan gejala ini:
# Makanlah dengan porsi kecil 5 - 6 kali sehari, bukan porsi besar 2 - 3 kali.
# Hindari makanan yang berbumbu tajam atau berlemak.
# Jangan makan atau minum beberapa jam sebelum tidur.
# Berolahragalah 2 jam setelah makan.
# Mintalah dokter pribadi anda untuk merekomendasikan antasida.


*punggung bagian bawah tegang
Hormon kehamilan melunakkan ligamen tulang punggung bagian bawah dan panggul. Karena itu, jangan memaksakan diri untuk mengangkat sesuatu yang berat. Pada saat mengangkat barang atau menggendong balita, usahakan untuk berdiri tegak dan bertumpu pada otot paha dengan posisi benda/ balita sedekat mungkin dengan tubuh kita. Berjongkok dengan punggung tetap tegak dan kaki sedikit terentang. Kencangkan otot perut, dan tarik keatas otot panggul anda. Tarik napas panjang lalu hitung sampai 3. Pada hitungan ke-4, angkat dan hembuskan napas.

*kejang kaki
Pada tiga bulan terakhir kehamilan, anda mungkin mengalami kejang kaki. Untuk menguranginya, luruskan kaki sebelum tidur dan jangan menekuk ujung jari kaki ke atas baik pada saat meluruskan kaku maupun pada saat berolahraga.

*sakit kepala
Sakit kepala sering dialami oleh ibu hamil. Berkonsultasilah dengan dokter pribadi anda sebelum meminum obat sakit kepala. Segeralah memeriksakan diri apabila sakit kepala anda semakin parah dan tidak kunjung hilang.

*sering buang air kecil,konstipasi dan wasir
Kandung kemih yang tertekan oleh uterus menyebabkan frekuensi buang air kecil pada wanita hamil meningkat. Sedangkan tekanan janin pada usus dan perlambatan alamiah gerakan saluran pencernaan merupakan penyebab adanya konstipasi.
Untuk membantu mengurangi konstipasi, tingkatkan konsumsi serat dalam makanan serta asupan cairan. Apabila cara ini tidak membantu, dokter pribadi anda akan menganjurkan cara lain. Ingat, jangan meminum obat pencahar sebelum berkonsultasi dengan dokter pribadi anda. Berikut beberapa saran dapat membantu:
# Minumlah banyak cairan setidaknya 6 - 8 gelas air sehari.
# Makanlah makanan kaya serat; misalnya buah segar, sayur mentah, dan serealia.
# Berolahragalah setiap hari—jalan cepat sangat dianjurkan.
Wanita hamil yang mengalami konstipasi seringkali juga menderita wasir. Hal ini dapat dihindari dengan melakukan langkah-langkah diatas. Jangan mengkonsumsi obat wasir yang dijual bebas di toko sebelum berkonsultasi dengan dokter pribadi anda.


*perdarahan
Pendarahan vaginal merupakan hal yang serius. Jika pendarahan ini terjadi pada anda, segera temukan penyebabnya dan berkonsultasilah dengan dokter pribadi anda.

*sakit perut
Sakit yang menusuk atau nyeri dalam perut biasa terjadi pada usia kehamilan antara minggu ke-18 dan ke-24.
Bungkukkan badan anda agar sakit berkurang. Beristirahatlah dan ganti posisi tubuh anda. Segera temui dokter pribadi anda apabila bertambah parah.


*anemia
Anemia disebabkan karena kekurangan sel darah merah. Hal ini menyebabkan penurunan kadar hemoglobin yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke semua sel. Pencegahan dapat dilakukan dengan meminum 30 mg suplemen zat besi yang direkomendasikan bagi wanita hamil setiap hari.
Terapi zat besi dalam dosis 200 mg per hari biasanya diberikan kepada penderita anemia. Dokter anda akan merekomendasikan obat yang tepat sesuai dengan kondisi penyakit anda.


*mengidam dan aversi
Mengidam dan aversi adalah keinginan kuat untuk mengkonsumsi atau menolak makanan tertentu. Anda mungkin akan menginginkan makanan yang sebelumnya anda benci atau menolak makanan yang biasanya anda gemari. Makanan yang biasanya diinginkan adalah permen dan produk olahan susu. Sedangkan makanan yang biasanya ditolak adalah alkohol, minuman berkafein, dan daging.
Mengidam dan aversi pada umumnya tidak berbahaya. Mengidam dapat meningkatkan asupan kalsium dan energi, dan aversi dapat menurunkan asupan alkohol dan kafein. Berhati-hatilah bila aversi sudah mengarah kepada turunnya konsumsi daging, karena dapat mengurangi asupan protein. Jika hal ini terjadi, berkonsultasilah dengan dokter pribadi anda.


*pika
Pika adalah nafsu makan terhadap bahan bukan makanan dan tidak bernilai gizi. Penderita pika biasanya gemar mengkonsumsi tanah, tanah liat, atau kanji. Ada juga yang gemar memakan es, jelaga, rambut, batu, sisa bakaran korek api, abu rokok, kapur barus, tablet antasida, larutan magnesium oksida, soda kue, kopi bubuk, kertas, dan arang-batu.
Pika bisa beracun dan mengarah pada malnutrisi, obesitas, atau pun penyumbatan usus. Jika mengalami pika, segera berkonsultasi dengan dokter pribadi anda.

Tidak ada komentar: